7 Tip Hidup Sehat Selama Puasa

September 13, 2007
1. Makan Sahur
Rasulullah,SAW,sangat menganjurkan untuk sebelum puasa dimulai.Jika anda ingin tidur sepanjang malam,anda harus ingat bahwa anda masih bisa melakukan aktifitas selama perpuasa,tapi anda tidak bisa makan dan minum.Untuk mempermuadahnya,siapkan makanan cepat saji dan makanan kering di atas meja makan sebelum tidur, sehingga anda bisa cepat makan sewaktu bangun tengah malam dan kembali tidur setelah sahur.

2. Kurangi Makanan Berlemak
Itu hal yang benar,batasi,jangan tidak dimakan.Mungkin,anda perlu mengilangkan makanan yang sangat berlemak pada beberapa daerah yang mempunyai tradisi untuk memakan makanan berlemak.Jika anda tidak yakin tentang makanan apa saja yang berlemak,adalah yang digoreng,berminyak dan sangat manis.

3. Ikuti aturan satu pertiga dari Nabi Muhammad
Hal ini bisa dipakai selama bulan ramadhan.Kita tidak boleh lebih mengkonsumsi sepertiga makanan,sepertiga minuman dan sepertiga udara dalam perut kita saat makan.

4. Pertahankan Kelembaban

Fruits and vegetables get left to the wayside during regular days, let alone at Iftar time. But you can whip out those carrot sticks if you've got some tasty dips to eat them with. Check out some healthy recipes.Buah-buahan dan sayuran tidak bisa dimakan di siang hari,tapi makanlah setelah berbuka.Anda bisa makan potongan wortel jika anda merasa kembung.

5. Jalan-jalan setelah berbuka
Sebelum anda tidur setelah berbuka dan makan malam,jalan-jalanlah sedikit keliling lingkungan rumah anda.Perubahan lingkungan sekitar dan udarah segar mungkin dapat membangunkan anda tepat waktu dari tidur untuk melakukan aktifitas di hari berikutnya.

6. Lakukan Salat Tarawih
Melatih tubuh yang sangat bagus adalah taraweh, juga merupakan cara membangun konsentrasi,stamina dan kekeluargaan.

7. Tidur sebentar di sore hari
Para ahli berpendapat anda tidak butuh lebih dari 15 menit untuk tidur agar anda kembali segar.Waktu makan siang yang tidak anda lakukan,cari waktu luang,tempat,set alarm di handphone dan tidur sejenak.ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diiri dengan jadwal puasa dimana anda harus terbangun untuk makan sahur.

0 comment:

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))